PERANCANGAN ANIMASI 2D œJIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA SEBAGAI MOTIVASI INSECURE AKAN MASA DEPAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24114/gr.v12i2.47849

Keywords:

Animation Insecure, MDLC, Motivation

Abstract

Every individual must have felt a feeling of insecurity. Insecure is linked to mental health conditions, one of which is anxiety. These feelings, if considered trivial, can cause individuals to hurt themselves. The purpose of this study is to raise the spirit and help reduce insecurity by watching motivational videos as a form of self-healing. This research uses the MDLC (Multimedia Life Development Cycle) method consisting of six stages, namely: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. The result of this study is a 2D animation product entitled "If We Never Become Anything" which is used to raise the audience's enthusiasm about feelings of anxiety, tension, worry, and fear of failure in the future. The conclusion obtained from the research is that this 2D animated video is worth distributing and relating to the audience.Keywords: Animation, insecure, MDLC, Motivation.AbstrakSetiap individu pasti pernah merasakan perasaan insecure dalam dirinya. Insecure terkait dengan kondisi kesehatan mental salah satunya adalah kecemasan. Perasaan tersebut jika dianggap sepele dapat mengakibatkan individu melukai dirinya sendiri hingga percobaan bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan membantu mengurangi insecure dengan cara menonton video motivasi sebagai bentuk self healing. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Life Development Cycle) terdiri dari enam tahapan yaitu: Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), dan Distribusi (Distribution). Hasil dari penelitian ini adalah produk animasi 2D adaptasi dari buku karya Alvi Syahrin dengan judul yang sama, yaitu œJika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa yang menceritakan perjalanan seorang remaja yang beranjak dewasa. Animasi 2D ini dikisahkan dengan makna konotasi, yaitu mendaki gunung sebagai representasi perjalanan hidup naik turun dan penuh rintangan. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian adalah video animasi 2D ini layak didistribusikan pada khalayak umum dan relate dengan para audience sehingga dapat digunakan untuk motivasi dalam menghadapi insecure.Kata Kunci: Animasi, Insecure, MDLC, Motivasi.Authors:Annisa Nugraheni : Institut Seni Indonesia SurakartaAnung Rachman : Institut Seni Indonesia SurakartaRendya Adi Kurniawan : Institut Seni Indonesia Surakarta References:Arifin, I., Wahyu, P., & Baharsyah, M. Y. (2020). Pengaruh Salah Pilih Jurusan Terhadap Rasa Putus Asa Mahasiswa Teknik Informatika. 1“5.Cahyo, K. N., Martini, & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), 1(1), 45“53. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/44Jihan Insyirah Qatrunnada, Salma Firdaus, Sofika Dwi Karnila, & Usup Romli. (2022). Fenomena Insecurity di Kalangan Remaja dan Hubungannya dengan Pemahaman Aqidah Islam. IQ (Ilmu Al-Qur™an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 139“152. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.655Kholig, L. F. (2022). Pembinaan Kesehatan Mental Remaja Di MTS Ngalaban Desa Bendet Kecamatan Diwek Jombang. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 45“51.Komarullah, N. A. (2022). Perancangan Konten Interaktif œInsecure Sebagai Kampanye Insecurity Melalui Media Sosial Instagram Untuk Generasi Z. Profil Kesehatan Kab.Semarang, 41, 1“9.Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. In Alfabeta (Vol. 58, Issue 12).Noviyanti, A. (2021). Dinamika Kecemasan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2003, 1“23.Nurjannah, U., Suharto, V. T., & Rizaldy, D. R. (2022). Nilai Moral Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel œJika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa Karya Alvi Syahrin. SHAMBHASANA: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 303“313.Rahayu, P. P., & Irsyadiyah, A. U. (2022). Psikoedukasi Tentang Kesehatan Mental Dan Psikopatologi Pada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(2), 73“81. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i2.135Saputra, P. A., & Retnoningsih, E. (2020). Animasi Interaktif Pengenalan Negara ASEAN Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Journal of Students˜ Research in Computer Science, 1(2), 153“164. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v1i2.406Widyastuti, C., Rizki Rahmawati, M., Nadia, F., & Nurliawati, E. (2022). Self-Healing Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan. International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2, 295“300. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/icigc/article/view/689

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nugraheni, A., Rachman, A., & Kurniawan, R. A. (2023). PERANCANGAN ANIMASI 2D œJIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA SEBAGAI MOTIVASI INSECURE AKAN MASA DEPAN. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(2), 598–604. https://doi.org/10.24114/gr.v12i2.47849

Issue

Section

Gorga : Jurnal Seni Rupa

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.