IDENTIFIKASI RAGAM HIAS MELAYU PADA PAMERAN HASIL KERAJINAN CENDERAMATA DI ARENA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA YANG KE- 41
DOI:
https://doi.org/10.24114/gr.v2i1.1034Abstract
ABSTRAK Secara visual tampilan dari hasil kerajinan cenderamata tradisional Melayu dihiasi dengan ornamen-ornamen yang berbeda-beda, baik tentang motif, penempatan yang berbeda dan juga cara pengerjaannya. Saat ini ada perbedaan pada fungsi ornamen yang diterapkan pada hasil kerajinan cenderamata yang ada di Arena Pekan Raya Sumatera Utara yang ke-41. Dimana fungsinya hanya sebagai penghias atau penambah nilai keindahan saja. Dengan adanya berbag ai jenis ornamen pada hasil cenderamata Melayu, maka perlu adanya pengidentifikasian ornamen tradisional Melayu berdasarkan jenis-jenis, teknik pembuatan, fungsi ornamen yang terdapat pada hasil kerajinan cenderamata Melayu sebagai wadah peletakan ornamen tradisional Melayu. Data kualitatif yang merupakan gambar dari hasil penelitian di lapangan, kemudian dideskripsikan untuk memperoleh hasil penelitian. Dimana populasi dalam penelitian ini berjumlah dua puluh buah cenderamata dan mempunyai sampel sejumlah lima belas buah cenderamata yang menerapkan ornamen tradisional Melayu. Dari lima belas buah cenderamata yang menerapkan ornamen tradisional Melayu, teknik pembuatan ornamen lebih dominan di kerjakan dengan teknik anyam. Selain itu adanya perubahan fungsi ornamen yang terdapat pada hasil kerajinan cenderamata Melayu, dari fungsi sakral berubah menjadi fungsi profan. Diharapkan dengan mengetahui dan mengapresiasikan benda-benda pakai maka masyarakat akan lebih mengenal, menghargai dan melestarikan benda-benda budaya. Kata Kunci : Ornamen Melayu, Cenderamata etunjuk�a `k�o poster seminar pertemuan para pakar yang terlihat sangat tidak sesuai dengan aspek desain yang ada. Kemudian jika dikategorikan kedalam hitungan persen, 45% poster yang ada di hotel Madani Medan dikatakan baik karena sesuai dengan aspek desain, 45% dikatakan cukup baik dan yang 10% lagi dianggap tidak baik. Hal ini menunjukkan poster yang ada di hotel Madani Medan kurang efektif terhadap bentuk desain dan isinya jika dilihat dari aspek desain grafis komputer. Kata Kunci: desain, poster, grafis komputerDownloads
Published
2013-06-10
How to Cite
Azmi, L. C. Y. dan. (2013). IDENTIFIKASI RAGAM HIAS MELAYU PADA PAMERAN HASIL KERAJINAN CENDERAMATA DI ARENA PEKAN RAYA SUMATERA UTARA YANG KE- 41. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 2(1). https://doi.org/10.24114/gr.v2i1.1034
Issue
Section
Gorga : Jurnal Seni Rupa
License
Copyright (c) 2013 Lince Chrismi Yanti dan Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s).
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
Gorga : Jurnal Seni Rupa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.