Pemanfaatan Quick Response Code Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Pintar di Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.53158Keywords:
QR-Code, Media Informasi, Destinasi Wisata Pintar, New Normal EraAbstract
Sektor pariwisata merupakan industri utama Bali, barometer pembangunan pariwisata nasional. Kehadiran pandemi Covid 19 membawa perubahan dengan tantangan yang sebelumnya tidak terpikirkan. Industri pariwisata Bali merosot tajam hingga negatif sejak 2020, dengan berbagai sektor lumpuh, terutama di sektor ekonomi, di sektor pariwisata dan ketenagakerjaan, dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan perusahaan pariwisata. Era new normal turut memaksa manusia untuk memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin pada setiap sektor kehidupan, termasuk pada bidang pariwisata. Salah satu teknologi digital itu adalah penggunaan Quick Respon Code (QR-Code). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membangun sistem informasi destinasi wisata pintar yang responsif dan berbasis web yang diintegrasikan dengan teknologi Quick Response Code. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini telah mencapai tahap keenam pengembangan sistem, yaitu pembuatan prototipe produk akhir. Hasil penelitian data lapangan yang dilakukan untuk mengevaluasi pemanfaatan QR-Code menunjukkan bahwa teknologi ini berguna dan dapat digunakan dengan baik untuk membangun Destinasi Wisata Pintar di Bali. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penggunaan QR-Code prototipe pada objek wisata menunjukkan bahwa itu adalah pilihan yang tepat untuk diterapkan pada berbagai objek wisata.References
Disparda Bali, Data Kunjungan Wisatawan Bali 2012. Bali: Pemerintah Provinsi Bali, 2012.
A.A.A Ribeka Martha Purwahita, Putu Bagus Wisnu Wardhana, I Ketut Ardiasa, and I Made Winia, œDampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka), J. Kaji. dan Terap. Pariwisata, vol. 1, no. 2, pp. 68“80, 2021, doi: 10.53356/diparojs.v1i2.29.
dedy darmawan Nasution, œSandiaga Dorong Peningkatan Peran Taman Rekreasi, Bangkitkan Ekonomi dan Lapangan Kerja, Republika.co.id, 2022.
Indriani, œKemendikbudristek: Sekolah gunakan QR Code pantau penyebaran COVID-19, Antara Kantor Berita Indonesia, 2022.
G. Firmansyah and D. Hariyanto, œThe use of QR code on educational domain: a research and development on teaching material, J. Sport. J. Penelit. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, p. 265, 2019, doi: 10.29407/js_unpgri.v5i2.13467.
M. Afiefudin, Z. Hamro, I. Sofiatun, S. A. Affah, and ..., œDigitalisasi Tanaman Toga Berbasis QR-Code sebagai Alternatif Pendidikan Konservasi untuk Mewujudkan Kader Konservasi, J. Bina ¦, vol. 1, no. 2, pp. 35“40, 2019.
E. Sulistyorini, K. N. Lizansari, and W. E. Putri, œPetunjuk Penggunaan Alat Laboratorium Tanah dan Agroklimat dengan Fitur Stiker Quick Respone Code (Qr Code), J. Bionature, vol. 23, pp. 6“13, 2022.
D. Sarpong, D. Boakye, G. Ofosu, and D. Botchie, œTechnovation The three pointers of research and development ( R & D ) for growth-boosting sustainable innovation system, Technovation, vol. 122, no. March 2022, p. 102581, 2023, doi: 10.1016/j.technovation.2022.102581.
E. I. Laily and C. T. Siregar, œEFEKTIFITAS PEMBERIAN TERAPI MUSIK INSTRUMENT TERHADAP The Effectiveness of Providing Musical Instrument Therapy on The Sleep Quality of Crhronic Kidney Failure Patients Who Are Treated with Hemodialysis, Idea Nurs. J., 2014.
H. dkk Ahyar, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu., no. March. 2020.
M. D. G. Walter R. Borg, Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman, 1989.
A. Coronato, œAgile software development life cycles, Eng. High Qual. Med. Softw. Regul. Stand. Methodol. tools Certif., pp. 161“172, 2018, doi: 10.1049/pbhe012e_ch13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.