Implementation of the Multimedia Development Life Cycle in Making Educational Games About Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.48870Keywords:
educational games, getting to know Indonesia, learning media, multimedia, multimedia development life cycleAbstract
Pada materi pembelajaran pengenalan tentang Indonesia, seperti peta, batas-batas wilayah, pembagian waktu dan beragam budaya di Indonesia memerlukan media pembelajaran yang tepat untuk memberikan ilustrasi yang menarik untuk anak-anak Sekolah Dasar. Dalam menjelaskan pengenalan tentang Indonesia masih menerapkan pendekatan yang secara teoritis, seperti penggunaan buku serta papan tulis, yang berakibat pada pelaksanaan pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi mengenal Indonesia melalui penerapan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang interaktif dan menarik. Pendekatan MDLC memiliki kemampuan dalam memodelkan serta mengembangkan aplikasi dengan komponen-komponen multimedia didalamnya. Game edukasi ini dibangun berbasis website agar mudah dalam penggunaanya serta aksesnya. Untuk membangun game edukasi yang interkatif dan menarik perlu melibatkan objek-objek yang sesuai dengan sasaran pengguna, seperti penggunaan objek gambar, animasi dan audio yang disesuaikan dengan apa yang disukai oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian kualitas multimedia interaktif menunjukkan rata-rata responden yang menjawab setuju untuk seluruh pertanyaan adalah 87% dan masuk dalam kategori baik.In introductory learning materials about Indonesia, such as maps, regional boundaries, time divisions, and various cultures in Indonesia, it requires the right learning media to provide interesting illustrations for elementary school children. In explaining the introduction of Indonesia, they still apply a theoretical approach, such as the use of books and blackboards, which results in the implementation of learning that is less interesting. This research aims to develop an educational game about Indonesia through the application of an interactive and interesting Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach. The MDLC approach has the ability to model and develop applications with multimedia components. This educational game is built on a website so that it is easy to use and access. To build educational games that are interactive and interesting, it is necessary to involve objects that are in accordance with the user's goals, such as the use of images, animations, and audio objects that are adjusted to what the user likes. Based on the results of testing the quality of interactive multimedia, it shows that the average respondent who agrees to all questions is 87% and is in the good category.References
A. Suryadi, Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.
H. Haetami, Manajemen Pendidikan pada Era Perkembangan Teknologi. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2023.
M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media, 2021.
B. A. Mufida, F. N. Putra, R. Darma, and R. Yusron, œPembuatan Games Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya Berbasis Augmented Reality, JACIS J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 120“130, 2021.
H. Putri, I. Shadiq, and G. G. Putri, œInteractive Learning Media for Cellular Communication Systems using the Multimedia Development Life Cycle Model, J. Online Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1“10, 2021, doi: 10.15575/join.v6i1.544.
D. Diany, A. Purno, and W. Wibowo, œPenerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Game Edukasi Pembelajaran Lagu Nasional dan Lagu Daerah Berbasis Android, J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 92“99, 2021.
R. I. Borman and Y. Purwanto, œImpelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak, J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.
E. Satria, Y. Septiana, and R. Ramadhan, œRancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian-Bagian Tumbuhan untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android, J. Algoritm., vol. 18, no. 2, pp. 633“641, 2021.
A. Yulianti and E. Ekohariadi, œPemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar, J. IT-EDU, vol. 5, no. 1, pp. 527“533, 2020.
R. Octaviani and A. Aryapranata, œGames Edukasi Android dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), J. Esensi Infokom, vol. 3, no. 1, pp. 1“5, 2019.
R. Ester, œPerancangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Desktop Pada PAUD Permata, J. Ilmu Komput. JIK, vol. 6, no. 1, pp. 7“13, 2023.
F. Ardhy, G. Adam, A. E. Setiawan, and A. Aisyah, œGame Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android, J. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 208“2013, 2022.
Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, œAnalisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review, J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26“40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2020.
R. D. Gunawan, R. Napianto, R. I. Borman, and I. Hanifah, œPenerapan Pengembangan Sistem Extreme Programming Pada Aplikasi Pencarian Dokter Spesialis di Bandar lampung Berbasis Android, J. Format, vol. 8, no. 2, pp. 148“157, 2019.
A. T. Devega, Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Batam: CV Batam Publisher, 2022.
I. Ahmad, Y. Rahmanto, D. Pratama, and R. I. Borman, œDevelopment of augmented reality application for introducing tangible cultural heritages at the lampung museum using the multimedia development life cycle, Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 187“194, 2021.
J. Manik, N. M. Faizah, and W. Ginting, œPengembangan Aplikasi Game Edukasi Matematika SD 02 Pagi Pondok Labu Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development Menggunakan Adobe Flash CS6, Des. J., vol. 1, no. 1, pp. 99“108, 2023.
S. A. Yonanta, M. Y. Firmansyah, D. Aulia, D. N. Sari, A. R. Amanda, and D. A. Dermawan, œPerancangan Dan Pembuatan Game ˜Wisata Masa Depan (Wemade)™ Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Indones. J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 22“28, 2023.
D. Maulana, A. Firmansyah, and S. Mawarni, œImplementasi Metode Multimedia Development Life Cycle pada Game Visual Novel ˜Sebelum Kamu Membenciku,™ J. Teknlogi Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 8, no. 2, pp. 337“351, 2022.
A. N. Rachman, M. A. K. Anshary, and I. N. Hakim, œPemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan, CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 204“209, 2020.
Y. Fernando, R. Napianto, and R. I. Borman, œImplementasi Algoritma Dempster-Shafer Theory Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Psikologis Gangguan Kontrol Impuls, Insearch (Information Syst. Res. J., vol. 2, no. 2, pp. 46“54, 2022.
R. I. Borman, Y. Fernando, and Y. E. P. Yudoutomo, œIdentification of Vehicle Types Using Learning Vector Quantization Algorithm with Morphological Features, J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 158, pp. 339“345, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.