Perancangan Aplikasi Peta Digital Event Berbasis Web Dengan Menggunakan Algoritma A-Star

Authors

  • Sandika Maulana Mercu Buana University
  • Rahmat Rian Hidayat Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.48218

Keywords:

Algorithm, A star, Application, Map, Route

Abstract

Peta digital event adalah hal penting bagi pengguna dalam mengarahkan dan mencari informasi mengenai booth acara yang akan ada. Dalam penelitian ini merancang dan mengembangkan peta digital event berbasis web dengan algoritma a star untuk menemukan rute terpendek. Pada penelitian ini, sistem yang memanfaatkan algoritma a star untuk pencarian rute dengan jarak terpendek ke tujuan yang dituju berhasil diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat membantu pengguna mencari rute dengan jarak terkecil ke booth acara yang diinginkan. Dengan demikian, aplikasi peta digital event yang dirancang dapat memberikan solusi yang efisien dan efektif dalam membantu pengguna mengarahkan area acara.

Author Biography

Rahmat Rian Hidayat, Universitas Mercu Buana

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mercu Buana

References

A. Adam Maulana, T. Informatika UDINUS, and F. Ilmu Komputer UDINUS, œImplementasi Algoritma A* Dalam Aplikasi Berbasis Web untuk Menemukan Rute Terpendek sebagai Navigasi Peta Digital Indoor Implementation of A* Algorithm in Web-Based Applications for Finding the Shortest Route as Navigation of Digital Indoor Map, Universitas AMIKOM Yogyakarta, vol. 5, no. 1, 2017.

N. Sugianti, A. Mardhiyah, and N. Romihim Fadlilah, œKomparasi Kinerja Algoritma BFS, Dijkstra, Greedy BFS, dan A* dalam Melakukan Pathfinding, 2020.

A. Oktarini, S.; Ari, and A.; Sunarti, WEB PROGRAMMING. 2019.

B. Android Yani and W. Gunawan, œRancang Bangun Aplikasi Mobile Finder Museum Jakarta Dengan Metode A* (A-Star), 2019.

A. C. Prasetyo, M. Prayoga Arnandi, H. S. Hudnanto, and B. Setiaji, œPerbandingan Algoritma Astar dan Dijkstra Dalam Menentukan Rute Terdekat 36 Jurnal Ilmiah SISFOTENIKAJuly201xIJCCS Perbandingan Algoritma Astar dan Dijkstra Dalam Menentukan Rute Terdekat Astar and Dijkstra Algorithm Comparison for Determining the Shortest Route, 2019.

R. Y. Endra, Y. Aprilinda, Y. Y. Dharmawan, and W. Ramadhan, œAnalisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website, EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 11, no. 1, p. 48, Jun. 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.2012.

Nasri, œPengertian Navigasi, Manfaat, dan Contoh Alat, Jun. 14, 2022.

adminlp2m, œMetode Waterfall “ Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Jun. 2022. https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/#:~:text=Metode%20Waterfall%20merupakan%20pendekatan%20SDLC,desain%2C%20dan%20implementasi%20pada%20sistem. (accessed Nov. 14, 2022).

W. Gunawan, . S., and B. Sudrajat, œImplementation of Dijkstra™s Algorithm in the Shortest Route, Scholars Bulletin, vol. 05, no. 12, pp. 681“689, Dec. 2019, doi: 10.36348/sb.2019.v05i12.001.

Downloads

Published

2024-01-10