PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.58086Abstract
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Media pembelajaran seperti Wordwall dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan Wordwall dalam konteks ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan informasi tentang penggunaan Wordwall dalam pendidikan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Wordwall dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan prestasi akademik mereka.Kata kunci: media pembelajaran, wordwall, pendekatan interaktifReferences
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... &
Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Sugiani, W. (2022). Aplikasi Berbasis Word Wall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Guru Indonesia, 2(2), 82-87.
Muzdalifah, M., & Nuryanti, M. (2020, November). Wordwall Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 211-218).
Suarmini, N. K. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tegallalang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Putra, Lovandri Dwanda, et al. "Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar." Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 12.1 (2024): 81-95.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Anggie Januarsyah Daulay, Desi Roselia Lumban Gaol, Duma Hartati Sagala, Ester Winda Elsa Aritonang, Fasha Aprilna Hernandes Marbun, Yoni Lamtiur Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.