PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA PEMBUATAN MACAM “ MACAM POLA LENGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT
DOI:
https://doi.org/10.24114/pesona.v1i2.29237Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasisSwish Max pada mata pelajaran pembuatan pola materi pembuatan macam “ macam pola lengandikelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaraninteraktif berbasis Swish Max pada mata pelajaran pembuatan pola mataeri macam “ macam polalengandikelasXTata BusanaSMKNegeri1Stabat.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembangan media pembelajaran Swish Max pada materi pembuatan macam “ macam polalengan ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu : 1) Hasil penelitian ahli mediadengan presentase 88,29% dengan kriteria œBaik dan penelitian ahli materi dengan presentasehasil penelitian 95,41% dengan kriteria œSangat Baik. 2) hasil uji coba kelompok kecil denganpresentase penilaian 72% dengan kriteria œBaik sedangkan dengan uji coba kelompok sedangdengan presentase penilaian 74,26% dengan kriteria œBaik dan uji coba kelompok besar denganpresentase 76,62% dengan kriteria œBaik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaranSwish Max pada mata pelajaran pembuatan pola kelas X di SMK Negeri 1 Stabat dianggap layakuntukdijadikanmedia pembelajaran.References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chandra. (2005). Animasi Teks Profesional dengan Swish Max. PT: Maxicom,Palembang.
Dodi, (2008) Animasi dengan Swishmax. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan utami murwaningsih. Surakarta.
Husna, Amalia. (2017) . Menjahit itu Gampang, Jakarta: PT Pb.
Latifah, Imroatun. (2013). Aneka Pola Busana, Tegal waras: KTSP pengayaan pengetahuan.
Muliawan, Porrie (2015). Kontruksi Pola Busana Wanita, Jakarta: Libri ( Anggota IKAPI )
Poespo, Goet. (2000) . Aneka Lengan Baju dan Manset (Sleeves and Cuffs), Yogyakarta: PT Kanisius ( Anggota IKAPI ).
Pratiwi, Djati dkk. (2001) . Pola Dasar dan Pecah Pola, Yogyakarta: PT Kanisius.
Pratiwi,Rahma Zesti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Panggung Siswa Kelas XII Negeri 1 Beringin, Unimed: Skripsi.
Sanjaya dan Rivai (2012). Media Pembelajaran Edisi Revisi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono (2015). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Susilana, Riyana (2016). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: Wacana Prima.
Siagian, Martin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Swish Max pada mata pelajaran instalasi siswa kelas XI Negeri 1 Percut Sei Tuan, Unimed: Skripsi
Syarif, Maulana Arya (2005). Cara Cepat Membuat Animasi Flash Menggunakan Swish Max, Yogyakarta: Andi Offset.