PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.37857Keywords:
Game Online, Kepribadian AnakAbstract
Pada Era Globalisasi saat ini, teknologi menjadi kebutuhan dasar manusia yang didukung melalui perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan adanya inovasi dan penemuan yang sederhana. Hingga saat ini perkembangan teknologi, membawa banyak pengaruh bagi pelajar. Salah satunya yaitu dengan kehadiran game online. Permainan ini dapat mempengaruhi kepribadian sosial anak. Dikarenakan permainan game online mempunyai sifat adiktif atau membawa candu, yang mengakibatkan anak yang sudah mengenal game online akan mudah terpengaruh, baik secara langsung maupun tidak.Game online yang menggunakan media elektronik sangat cepat mempengaruhi perkembangan anak. Anak-anak lebih memilih untuk memainkan game online dan meninggalkan permainan tradisional, dikarenakan game tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak. Game online juga mempunyai dampak yang besar terutama pada perkembangan anak dan jiwa seseorang. Dampak positif dari game online bagi pelajar yaitu pergaulan anak akan menjadi lebih mudah di awasi oleh orang tua, Dampak negatif dari game online bagi pelajar yaitu anak akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang untuk bermain game online.Jenis penelitian ini penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subyek penelitian, observasi dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat keadaan yang bersangkutan dengan subyek penelitian. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik uji kredibilitas (Creadibility), uji dependalitas (Dependibility), uji konformabilitas (Conformability).References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Rima, Trianingsih. 2016. œPengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar.
Yendrizal, Jafri, Sinta rahma yuni, and permata sari Yuli. 2018. œBermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).