Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya karakter anak usia 5-6 tahun. belum berkembang. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan permainan tradisional galah asin terhadap karakter anak usia 5-6 tahun di TK AL-ALAQ Aceh Utara T.A. 2017/2018. Metode dalam penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu pre-Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postes Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di TK AL-ALAQ Aceh Utara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik porposive random sampling dengan sampel 10 anak. Variabel bebas adalah permainan tradisional galah asin sedangkan variabel terikat adalah karakter anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa data postest anak memiliki nilai tertinggi 10, nilai terendah 4 dan nilai rata-rata 5,9 yang lebih tinggi dibandingkn dengan skor data pretest yang memiliki nilai tertinggi 6, nilai terendah 2 dan nilai rata-rata 3,6. Hal ini menunjukkan bahwa karakter anak yang hanya diberikan perlakuan dua kali dalam seminggu lebih baik dibandingkan anak yang hanya diberikan perlakuan sekali dalam seminggu. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 5,111 dengan dk = n-1 = 9 ; α = 0,05, sehingga diperoleh yaitu 5,111 1,833. Dengan demikian hipotesis ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan œAda pengaruh dari permainan tradisional galah asin terhadap karakter anak usia 5-6 tahun di TK AL-ALAQ Aceh Utara T.A 2017/2018. Kata Kunci : Karakter Anak Usia 5-6 tahun, Permainan Tradisional Galah Asin