KEEFEKTIFAN LKS CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD

Authors

  • Uut Riyanti Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Sumarno Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9901

Abstract

Abstrak : Keefektifan Lks Crossword Puzzle Dengan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan LKS Crossword Puzzle dengan model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Nambuhan Purwodadi. Penelitian ini menggunakan LKS dan model pembelajaran yaitu LKS Crossword Puzzle dengan model Teams Games Tournament. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes. Hasil analisis uji-t diperoleh 19,28. Dari daftar distribusi t dengan db= 35 dan taraf nyata 5% diperoleh sebesar 1,66724 sehingga ð»0 ditolak dan ð»ð‘Ž diterima artinya hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama. Hal tersebut didukung dengan adanya peningkatan sebesar 20,17% pada hasil belajar siswa.Kata Kunci : LKS Crossword Puzzle, Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar IPS

Author Biographies

Uut Riyanti, Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Sumarno Sumarno, Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Wawan Priyanto, Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Downloads

Published

2018-06-05

Issue

Section

Articles