PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Zulfahmi Indra . Universitas Negeri Medan
  • Muliawan Firdaus . Universitas Negeri Medan
  • Khusnul Arifin . Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmk.v8i1.36296

Keywords:

Media pembelajaran, augmented reality, organ tubuh

Abstract

Media pembelajaran di dunia pendidikan saat inisudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terdapat banyak inovasi media pembelajaran yang mulai diterapkan pada dunia pendidikan saat ini. Penggunaan Tekhnologi IT sangat banyak mendukung perkembangan media pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam inovasi media pembelajaran adalah Augmented Reality (AR). AR adalah Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Saat ini penerapan AR pada dunia pendidikan sudah mulai banyak digunakan. Pada paper ini penggunaan AR diterapakan pada pembelajaran materi organ tubuh manusia, dimana pada materi ini sangat dibutuhkan bentuk tiga dimensinya sehingga para siswa yang mendapat materi ini dapat memahami dengan baik.

Author Biographies

Zulfahmi Indra ., Universitas Negeri Medan

ProdiI lmu  Komputer

Muliawan Firdaus ., Universitas Negeri Medan

Prodi Pendidikan Matematika

Khusnul Arifin ., Universitas Negeri Medan

Prodi Ilmu Komputer

References

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sardiman, S. (2010). Revitalisasi peran pembelajaran ips dalam pembentukan karakter bangsa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Vallino, James R. (April 1998). Interactive Augmented Reality. Rochester, New York: University of Rochester. hlm. 6“8.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: teleoperators & virtual environments, 6(4), 355-385.

Ryza, P. (2017). Mengenal Assemblr, Platform Berkreasi dengan Teknologi AR. Sardirman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muntahanah, M., Toyib, R. and Ansyori, M. (2017) ˜Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra)™, Pseudocode, 4(1), pp. 81“89.

Rawis Ch, Z., Tulenan, V. and Sugiarso, B. A. (2018) ˜Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan™, Jurnal Teknik Informatika, 13(3), pp. 30“37.M. Shell. (2002) IEEEtran homepage on CTAN. [Online]. Available: http://www.ctan.org/tex-archive/macros/latex/contrib/supported/IEEEtran/

Nazruddin Safaat, H. (2011). Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Informatika, Jakarta.

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

O™Brien, James.A. (2005). Introduction to Information System. McGraw-Hill. New York.

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles