PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUGAME BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD

Authors

  • Tria Angellia Universitas Negeri Medan
  • Risma Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Laurensia M. Perangin Angin Universitas Negeri Medan
  • Apiek Gandamana Universitas Negeri Medan
  • Yusra Nasution Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunaan media edugame berbasis wordwall pada materi Indonesiaku Kaya Budaya di kelas IV SD Negeri 050663 Lubuk Dalam Kec. Stabat. Metode yang digunakan adalah  jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Pre- Eksperimen Designs dengan tipe One-Group Pretesr-Posttest Design. Populasi yang digunakan pada penilitian kali ini sebanyak 20 orang siswa kelas IV di SD Negeri 050663 Lubuk Dalam, Desa Kwala Begumit, Kec. Stabat, Kab. Langkat. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh karena populasi pada siswa kelas IV kurang dari 30 orang. Berdasrkan hasil penelitian seta analisis data dapat diketahui bahwa pretest atau tes sebelum diberikan pelakuan media edugame berbasis wordwall dengan  rata - rata nilai sebesar 43,75  dan nilai  posttest dengan nilai rata - rata 79,25.  Dilakukan uji t adalah Thitung 2,716  ≥ Ttabel 2,024 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan menghasilkan data dengan adanya pengaruh penggunaan media edugame berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa  pada materi Indonesiaku Kaya Budaya di kelas IV SD Negeri 050663 Lubuk Dalam Kec. Stabat.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Angellia, T., Sitohang, R., Perangin Angin, L. M., Gandamana, A., & Nasution, Y. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUGAME BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(3). Retrieved from http://103.242.233.34/index.php/jisd/article/view/58831

Most read articles by the same author(s)