PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19 RANTAU UTARA T.A 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59420Keywords:
Penelitian dan Pengembangan, Multimedia Interaktif, CanvaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif menggunakan Canva yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 19 Rantau Utara T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Rantau Utara yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, media, dan guru, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 52 (86,6%) dengan kriteria œSangat Valid, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 97 (97%) dengan kriteria œSangat Valid. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh guru kelas IV memperoleh skor 57 (95%) dengan kriteria œSangat Praktis. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan peningkatan dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 54,83% dan hasil post-test memperoleh nilai 90% . Berdasarkan keefektifan penggunaan multimedia interaktif menggunakan Canva yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria œEfektif dengan persentase 80%.References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Aulika, R., Gandamana, A., Gultom, I., Feliks, D., & Tambunan, H. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Aplikasi Canva pada Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 064017 Medan Kecamatan Perjuangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 763-771. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.266
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90-97. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247
Iskandar, I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare). https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1182/
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-232. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Rozi, F., & Prawijaya, S. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum E-Learning Konsep Dasar IPA SD Mahasiswa PRODI PGSD FIP Unimed. Jurnal Handayani, 11(2), 77-85. https://doi.org/10.24114/jh.v11i2.21972
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono, (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wardani, O. P., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 263-270. https://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15578
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.
Widoyoko, E, P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulfa Syahdina Rambe, Fahrur Rozi, Elvi Mailani, Albert Pauli Sirait, Imelda Free Unita Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)