PENGEMBANGAN E “ MODULE INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE 2 APK BUILDER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57842Keywords:
E – Module, Website 2 Apk Builder, Pembagian Bilangan CacahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E Module interaktif berbasis website 2 Apk builder yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4- D yang terdiri dari 4 tahapan yakni design, define, development dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, skala validasi dan tes. Hasil penelitian memperoleh persentase skor materi 92% (Sangat Layak), dan memperoleh persentase skor desain dan teknologi 84% (Sangat Layak). Selanjutnya persentase skor kepraktisan 90% (Sangat Praktis) serta memperoleh skor keefektivan dengan nilai rata -rata 58, 81 (Cukup Efektif). Dan setelah menggunakan E Module interaktif berbasis website 2 Apk builder perolehan rata -rata ketuntasan nilai post “ test adalah sebesar 80%. Hasil belajar siswa/i kelas IV SD IT Permata Firdaus mengalami peningkatan dan siswa menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar.References
Aditya, P. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Ispring dan Website 2 APK Builder Kelas IV Tema Tema 6 di SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Apriyanti, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Budaya Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD N 106161 Laut Dendang TA 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik / penulis (15th ed.). Rineka Cipta.
Fazar, I., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2016). Pengembangan bahan ajar program linear menggunakan aplikasi geogebra berbantuan android di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1)., 6“11. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.974
Kemendikbud RI. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika Fase A - Fase F.
Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8-11. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1286
Maydiantoro, A. (2021). MODEL-MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN. Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).
Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi orangtua terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini di desa indrasakti kecamatan tapung kabupaten kampar. Journal on Teacher Education, 2(2), 28-34. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1329
Ramadhan, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan Bot Api Media Sosial Telegram Di Akademi Farmasi Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(2), 145-152. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22520
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (Cetakan 1). UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D (Ke-19). Alfabeta CV.
Tarigan, D. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9896
Zulhaini, Z., Halim, A., & Mursal, M. (2016). Pengembangan modul fisika kontekstual hukum Newton untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1), 196“2017. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/6596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabela Amelia, Elvi Mailani, Wildansyah Lubis, Nurmayani, Putra Afriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)