PENGEMBANGAN PERMAINAN E-MATHEMATICS SNAKES AND LADDERS PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57470Keywords:
Media, E-Mathematics Snakes and Ladders, Bangun DatarAbstract
Pengembangan Permainan E-Mathematics Snakes and Ladders Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kelayakan, kepraktisan serta keefektifan permainan E-Mathematics Snakes and Ladders pada materi bangun datar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Nilai persentase dari aspek materi yang diberikan oleh validator adalah 85% dengan kriteria kelayakan œSANGAT LAYAK. Nilai persentase dari aspek soal yang diberikan oleh validator adalah 90% dengan kriteria kelayakan œSANGAT LAYAK. Nilai persentase dari aspek media yang diberikan oleh validator adalah 80% dengan kriteria kelayakan œLAYAK. Nilai persentase dari aspek kepraktisan yang diberikan oleh validator adalah 82% dengan kriteria kelayakan œSANGAT PRAKTIS. Dari hasil perbandingan rata-rata pre-test dan post-test, ditemukan bahwa terdapat nilai 60,74% dengan kriteria kepraktisan œCUKUP EFEKTIF.References
Gaol, C. A. L., & Simanjuntak, S. (2023). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 08 Bilah Hilir Labuhan Batu TA 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 2441-2448. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3267
Mailani, E. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui permainan monopoli pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2832
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69-77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., Setiawati, E., Fakhrunnisaa, N., Umam, H., Murtanti Putri, D., KAnia, A., Irwanto, Triona, W., & Wahyudi. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV. Widina Media Utama.
Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darling Krisman Zega, Elvi Mailani, Arifin Siregar, Septian Prawijaya, Winara Winara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)