PENGARUH MEDIA MATHPLAYGROUND TERHADAP MINAT BELAJAR METEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.52712Keywords:
Mathplayground, Interest In Learning, Elementary SchoolAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mathplayground untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa kelas IV. Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji-t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Artinya nilai Sig. (2-tailed) < 0, 05 yaitu 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran mathplayground untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar.References
Adrian, Q. J. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51-54. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis hubungan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa smp dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087-1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203-3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Elvionita, D., Fatimatuzzahroh, F. S., & Sutriyani, W. (2022). Peran Model Cooperative Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Diagram Kelas V SDN 03 Menganti. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(3), 263-268. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i3.772
Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan minat belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR) pada siswa sekolah dasar. Visipena, 9(1), 67-80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358. http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1486
Nabila, A. R., Putri, D. P., Erawati, P., & Marini, A. (2022). PEMANFAATAN GAME EDUKASI ONLINE MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 355-362.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123-128.
Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.
Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.524
Sari, R. T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Spldv Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 59-68. https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/179
Wibowo, A. (2020). Pemanfaatan Game Matematika Daring untuk Penilaian Portofolio Pada Siswa Sekolah Dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 50-64. https://doi.org/10.33654/math.v6i1.909
Yulia, E. R., & Asharianti, T. (2022). Potensi Math Playground dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) 3(1), 45-52.
Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan aplikasi construct 2 pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 527-533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syahrul Ramadani Setyawan, Wulan Sutriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)