PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART MAZE GAME PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS IV SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN KABUPATEN PADANG LAWAS

Authors

  • Ika Damayanti Nasution Universitas Negeri Medan
  • Fahrur Rozi Universitas Negeri Medan
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan
  • Irsan Rangkuti Universitas Negeri Medan
  • Lala Jelita Ananda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50927

Keywords:

Media Pembelajaran, Smart Maze Game, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Smart Maze Game Pada Tema 9 Subtema 3 di kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Desain Penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian produk yang dikembangkan  yaitu Media Pembelajaran berbasis Smart Maze Game. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 52,58 dengan kriteria œKurang Cukup dan nilai post-test mendapatkan nilai rata-rata 88,08 (Baik Sekali) dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai post-test semua peserta didik melewati kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93% dengan presentase Sangat Layak, validasi ahli media sebesar 96% dengan presentase Sangat Praktis. Hasil uji keefektifan media Smart Maze Game menjadi 88,08% (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan Tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Smart Maze Game pada tema 9 subtema 3 di kelas IV dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Author Biographies

Ika Damayanti Nasution, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fahrur Rozi, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wildansyah Lubis, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Irsan Rangkuti, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lala Jelita Ananda, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aftiani A. (2018). Pengembangan Media Labirin Math Story dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang Kelas V SDI Almaarif 01 Singosari. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/14318/

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bahri, dkk. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwita, A. Dkk. (2017). Pengembangan Media Permainan Tebak Ladas (Labirin Cerdas) Tema Indahnya Negeriku untuk Kelas IV Semester II Sekolah DasaR . Seminar Nasional, h. 578-587. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2017/pgsd20172/paper/view/2159

Ginanjar, B., & Santi, A. U. P. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PELATIK (PETUALANGAN LABIRIN TEMATIK) PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 TENTANG CITA-CITAKU KELAS IV SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 535-545. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.777

Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(2). https://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7538

Henadia. (2022). Pengembangan KIT Media Pembelajaran Maze pada Materi Organ Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/42867/

Hermawan, H. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Ikhsan, N. (2014). Asyik Bermain Maze. Jakarta: Cikal Aksara.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Maryanto. (2016). Tema 9 Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryanto. (2016). Tema 9 Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moch. Riva V. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Energi Alternatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/29123/

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik/Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pramono, S. (2014). Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, Dkk. (2012). Pencarian Rute Terdekat Pada Labirin Menggunakan Metode A*. Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro, 1-4. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/187388

Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. (2015). Media Pengajaran. Bengkulu: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika : untuk guru, calon guru, orangua, dan para pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. Dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. (2017). Media Pembelajaran : Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tafonao. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No (2) hal. 106.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Umar. (2014). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 133-136. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/364

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Penadamedia Group.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Nasution, I. D., Rozi, F., Lubis, W., Rangkuti, I., & Ananda, L. J. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART MAZE GAME PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS IV SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN KABUPATEN PADANG LAWAS. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(4), 813–827. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50927

Issue

Section

Articles