PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK ANDROID BERBASIS PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2022/2023

Authors

  • Reza Rivaldhi Batubara Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Andri Kristianto Sitanggang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50139

Keywords:

E-Komik Android, Bangun Datar, Pembelajaran Matematika, Model 4-D

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran E-Komik Android pada topik geometri bidang pada siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development mengikuti model Thiagarajan (4-D) yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang efektif dan menarik serta mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menghasilkan tingkat persetujuan masing-masing sebesar 91,57% dan 88,75%. Hasil uji coba klasik menunjukkan tingkat efektivitas 81%. Media E-Komik Android ini memiliki potensi sebagai sumber inovatif dan referensi untuk pengembangan materi pendidikan di masa depan.

Author Biographies

Reza Rivaldhi Batubara, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Andri Kristianto Sitanggang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adeliyanti, S., Hobri, H., & Suharto, S. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. KadikmA, 9(1), 123-130. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i1.8425

Angela, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Desain media pembelajaran komik matematika berbasis aplikasi android pada materi persamaan eksponensial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1449-1461. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/437

Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis komik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 52-62. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 323-330. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Fitrianingsih, Y., Suhendri, H., & Astriani, M. M. (2019). Development of Mathematics Comic Learning Media for Students of Class VII SMP/MTs Based On Culture. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 36-42. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.567

Gumelar, M.S. (2011). Comic Making-Cara Membuat komik. Jakarta: indeks.

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan media komik dengan model problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185-196. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Indriana, Di. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939-946. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/553

Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan media komik matematika digital untuk pembelajaran materi pecahan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103-116. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/660

Mailani, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 204-215. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23700

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. cet. I. Yogyakarta: Alfabeta.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131-142. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv11n1_12

Rijal, A. (2021). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 79-90. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Siregar, N., Suherman, S., Masykur, R., & Ningtias, R. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-comic dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Batubara, R. R., Mailani, E., & Sitanggang, A. K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK ANDROID BERBASIS PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2022/2023. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(4), 828–835. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50139

Issue

Section

Articles