PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA MELALUI PERMAINAN œLONCAT SEPATU KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.49765Keywords:
Peningkatan, Kemampuan, Kalimat Tanya, Permainan “Loncat Sepatuâ€Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya melalui permainan œLoncat Sepatu kelas II C di SDN Sarirejo Kartini, Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflectig). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil wawancara terhadap guru, observasi terhadap siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi terhadap siswa mendapatkan skor 26 atau 46% kategori cukup dan hasil tes evaluasi memperoleh ketuntasan klasikal 27,3% dan tidak tuntas sebesar 72,7%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan dalam observasi terhadap siswa yang memperoleh skor 45 atau 80% kategori sangat baik dan hasil tes ketuntasan klasikal sebesar 81,8% dan tidak tuntas 18,2%. Penerapan œLoncat Sepatu dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatan dalam membuat kalimat tanya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui permainan œLoncat Sepatu.References
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (M. A. Saiful Ibad (Ed.); Cetakan Pe). REFERENSI (GP Press Group).
Hakiki, F., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Peningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Melalui Model Discovery Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 643-649).
Irfan (2009). Penerapan Metode Latihan Dalam Pembelajaran Kalimat Tanya. Skripsi tidak dipublikasikan. Palu: Universitas Tadulako.
Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. Tersedia pada https://staffnew.uny.ac.id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+DAN+CARA+BELAJAR+SISWA+SD+KELAS+RENDAH.pdf (diakses tanggal 9 Juni 2023).
Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Ende, Flores: Nusa Indah.
Lamai, S., Syamsuddin, S., & Mertosono, S. R. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas III SDN Bakalan. Jurnal Kreatif Online, 6(4).
Moeliono, Anton M., dkk. 1993. Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016). Analisis kebutuhan alat peraga dalam implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60-65. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/13622
Pandean, M. L. (2018). Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kaling/article/view/25030
Putri, A. K., & Oktaria, R. (2020). Analisis hubungan permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 98-103. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/22274
Ramlan, M. 1986. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
Suhartono. 2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Susilowati, E., Chamisijatin, L., & Irmawati, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membuat Kalimat Tanya Berdasarkan Gambar Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas II SDN Sumbersari 1. Jurnal Basicedu, 3(1), 146-151. https://eprints.umm.ac.id/101398/
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 59“67. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/1586
Talib, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Games Jeopardy Siswa Kelas V Sdn No. 13 Allu I Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. JURNAL KONFIKS, 1(1), 43-55. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/160
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-˜Arabiyah, 7(1), 31-43. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/9375
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif TekaTeki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66-74. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aisyah Nurhidayah, Duwi Nuvitalia, Harto Nuroso, Endang Tri Haryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)