PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.40756Keywords:
Engklek, Media Pembelajaran, Permainan TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penerapan permainan tradisional engklek sebagai salah satu permainan tradisional di Indonesia dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir anak dalam pelajaran Bahasa Indonesia mengenai kalimat tanya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa antusias melakukan permainan tradisional engklek yang diintegrasikan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa telah berhasil mengidentifikasi kalimat tanya, menyebutkan kalimat tanya, serta membuat kalimat tanya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar dinilai efektif digunakan, karena pada hasil penelitian ini menunjukan keberhasilan siswa dalam mengembangkan dan membuat kalimat tanya.References
Alisnaini, A. F., Syahira, F., Ariyani, V., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 387“393. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4322
Annisya, S., & Baadilla, I. (2022). Analisis Nilai Karakter melalui Media Animasi Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7888“7895. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3648
Aprilia, E. D. (2022). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. 5“9.
Aryana, S., & Subyantoro. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86
Asharianti, T., & Yulia, E. R. (2021). Efektivitas Etnomatematika Permainan Engklek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 53“61.
Astika, D. D. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Pengembangan Psikologi Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal. 194“204.
Azzahra, N., Nurhasanah, N., & ... (2022). Pengembangan Media Engcita Berbasis Pendidikan Karakter Kelas 4 Sekolah Dasar. Educational Technology ¦, 2(April), 10“21. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/13929%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/download/13929/7471
Darsih, D., & Hermawan, R. (2022). Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di TK MNU 25 At-Taqwa Jatinegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1098“1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.692
Eka, A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Self Control Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Abmas, 22(1), 1“14.
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Magdalena, I., & Shafani, T. (2021). Analisis Kesulitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3, 358“367.
Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898“905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826
Mulyasari, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika œPermainan Engklek Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1“14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14
Mustamin, S. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunakan Model Cooperative Learning.
Nikhayah, S. (2021). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 785“790. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1284
Nurfitasari, D., & Madiun, U. P. (2022). Engklek edukatif : penggunaan permainan tradisional engklek sebagai media pengajaran bahasa dan sastra indonesia. 1, 773“777.
Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali manfaat permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar: konteks anak usia dini. 7(1), 8“23.
Rima & Nora. (2018). Upaya Meningkatan Keaktifan Siswa Dan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Global Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sdn Kebalen 07 Babelan Bekasi. Jurnal Pedagogik, 6(1), 59“68. file:///F:/Am_syahrul/file/439-Article Text-1156-1-10-20180317 (1)Rimasari, R. (2018).pdf
Rohayati, E. B. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan. 08(September), 1715“1724.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92“109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71“76. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213
Siregar, K. M. (2022). Wajib Belajar Perfektif UU. No. 20 Tahun 2003. 3(1), 41“52.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Tussa, N. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Pada. 65“74.
Ummul Khair, 2018. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Wardani, E. K., & Suryana, D. (2021). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790“1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857
Wariyanti, W. (2022). Perkembangan Aspek Sosial Emosional dan Sains Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Basicedu, 6(3), 5351“5361. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2848
Widari, N. M. P. A., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SD. Journal Research and Learning in Primary Education, 4(2), 518“526.
Wisnawati dkk. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Barbantu Roda Berputar pada Materi Kalimat Tanya Kelas V Sekolah Dasar. 4(3), 195“203.
Zahro, N. F. (2022). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Didactical Mathematics, 4(20), 148“155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)