PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUTTON BOARD PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.39851

Keywords:

Jurnal, Button Board, Media Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Peneilitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran button board pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SD Negeri 21 Palembang yang memiliki hasil yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model Hannafin & Peck yaitu Fase analisis, Fase Desain, Fase Pengembangan dan Fase Implementasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran button board pada materi penjumlahan dan pengurangan masuk dalam kategori œSangat Valid berdasarkan lembar angket validasi para ahli yang terdiri dari ahli mediadengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 86,6%, sedangkan ahli materi dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 94,2% dan juga media pembelajaran button board pada materi penjumlahan dan pengurangan yang dikembangkan masuk dalam kategori œSangat Praktis berdasarkan lembar angket tanggapan siswa dalam uji coba one-to-one dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 90,7%, serta dalam uji coba small group dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 90,2%. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan hasil uji coba kepraktisan oleh siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran button board layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Button Board, Materi Penjumlahan Dan Pengurangan.

Author Biography

ANNISYA SHABRINA, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alghadari, F., & Son Loka, A. (2018). Teori dan Kemampuan Matematis Dalam Permainan Kartu Gaple. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2, 28-36.

Atushi, H. (2019). Manfaat Game dari Teknologi. Bandung: Citra Umbara

Fatun, A. (2020). Pengaruh Permainan Kartu Domino Dengan Metode Gaple Terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif dan Motorik Halus Lansia di Griya Werda Surabaya. Universitas Airlangga.

Hananta, R. O., & Sukardi, T. (2018). Pengembangan Model Media Video Pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Bubut. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 121-129.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Hurit Uron, R., Ahmala, M., & dkk. (2021). BELJAR DAN PEMBELAJARAN. (M. Suardi, Ed.) Bandung, Jawa Barat: PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Sholikhah, A., & Vinda Prananingrum, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional, 6.

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfateka.

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suswari, P. (2019). Mahir Dalam Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian & Pembagian. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Wahab, A., Junaedi, & dkk. (2021). Media Pembelajaran Matematika. (I. Mustasyrifah, Ed.) Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Wiratni, N. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran IPA dengan Topik Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV SD. Universitas Pendidikan Ganesha.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. (S. Fatimah Sangkala, Ed.) Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. (S. Fatimah Sangkala, Ed.) Jakarta: KENCANA.

Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Yuniastuti, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Millenial. (Yuniastuti, & M. Khoiron, Eds.) Surabaya, Jawa Timur: Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

SHABRINA, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUTTON BOARD PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SD. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(2), 323–326. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.39851

Issue

Section

Articles