MEDIA INTERAKTIF MATCH SNAIL ADVENTURE BERBASIS PERMAINAN EDUKASI SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38697Keywords:
Education Games, Media Interaktif, Macromedia Flash 8, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Media Interaktif Match Snail Adventure Berbasis Permainan Edukasi Software Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd. Penelitian ini berjenis R&D dengan tahapan perancangan, produksi, evaluasi, dan menganalisis data dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan kelas XI sudah layak untuk dipakai pada proses pembelajaran. Berdasarkan pengujian, media pembelajaran dikategorikan valid dengan tingkat kelayakan sebesar 82% dengan kriteria baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI dan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti lanjutan.References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, Riska D., & Yuli Yanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,Vol. 4, No. 2: 107-123.
Ibrahim, dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Reinita dan Delsa Andrika. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. ISSN 2579-3403. Volume 1, Nomor 2.
Sinaga. 2008. Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru Pembelajaran di Sekolah. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6940/5940. Diakses: Tanggal 15 Juli 2022.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulisworo, Dwi dan Suryani. 2014. œThe Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning & Development. Vol. 4(2) : 58-64
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Widjaja, H.A.W. 2017. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)