GADGET PADA GENERASI Z: MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33438Keywords:
gadget, generasi Z, pandemi COVID-19Abstract
Abstrak: Gadget Pada Generasi Z: Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Tujuan penelitian ini sebagai upaya memaksimalkan gadget pada generasi Z di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi literatur atau studi kepustakaan, yaitu dengan menelaah secara tekun akan kepustakaan yang diperlukan dalam penulisan. Hasil dari penulisan ini: (1) Pengalaman pandemi global akan menciptakan kesadaran akan pentingnya memanfaatkan penggunaan gadget. Kehadiran gadget telah banyak memberikan kontribusi dalam kehidupan,salah satunya dalam pembelajaran daring (online); (2). Generasi Z disematkan kepada para siswa yang saat ini duduk di bangku sekolah kalas X dan XI SMA atau SMK berumur 15-16 tahun. Generasi Z disebut generasi digital yang tumbuh dan berkembang dengan sebuah ketergantungan yang besar pada teknologi digital, serta mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Kesimpulan dari penulisan ini adalah penggunaan gadget pada generasi Z sangat identik dengan pelaksanaan pembelajaran siswa saai ini. Berinovasi dengan teknologi dengan memaksimalkan gadget sebagai media pembelajaran sangat mendukung terwujudnya sebuah pembelajaran di masa pandemi COVID-19.References
Buana, D.R. (2020). Analisis Perilaku
Masyarakat Indonesia dalam
Menghadapi Pandemi Virus
Corona (Covid-19) dan Kiat
Menjaga Kesehatan Jiwa
Salam: Jurnal Sosial dan Budaya
Syar-I, 7(3), 217-226
Bungin,B.(2017)Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Chou, Hellen P. (2012). Cyber Smart
Parenting. Jakarta: PT Visi
Anugerah Indonesia
Dokumen Surat Edaran Nomor 4
Tahun 2020 tentang Pelaksanaan
Kebijakan Pendidikan Dalam
Masa Darurat Penyebaran
Coronavirus Disease (Covid-19)
ditandatangani Menteri
Pendidikan Pendidikan dan
Kebudayaan Nadiem Makarim
pada tanggal 24 Maret 2020
Horovitz, B. (2012). After Gen X,
Millennials, what should next
generation be?, USA Today,
Available: http://usatoday30.
usatoday.com/money/advertising
/story/2012-05-03/naming-the-
next-generation/54737518/1.
diakses tanggal 5 -12- 2021
Katz, R.,Ogilvia, S., Shaw, J.,
Woodhead, L. (2021). Gen Z,
Explained, The Art of Living in a
Digital Age. Chicago Press.
doi: 10.7208/Chicago/97802268
001.0001
Kogoya, D. (2015). Dampak
Penggunaan Handphone Pada
Masyarakat (Studi Pada
Masyarakat Desa Piungan
Kecamatan Gamelia Kabupaten
Lanny Jaya Papua).
Jurnal Acta Diurna, 4(4)
Mahat, D. (2021). Students™ Perception
towards Online-Class during
COVID-19 Pandemic.
International Research Journal
of MMC (IRJMMC), 2(1)
Marpaung, J.(2018).The Effect of Use
of Gadget in Life.
Jurnal KOPASTA, 5(2), 55-64
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian,
Jakarta: Ghalia Indonesia
Rachmawati, D. (2019). Welcoming
Gen Z in Job World. Proceeding
Indonesia Career Center
Network Summit IV, 1(1)
Rahma, E. (2021). Mengintip Perilaku
Gen Z, Sang Synergi Zers di
Kawasan ASEAN.
Marketeers.
https://www.marketeers.com/
mengintip-perilaku-gen-z-sang-
synergizers-di-kawasan-asean/
diakses tgl. 5 Desember 2021
Rahmandani, F.,Tinus, A., Ibrahim,
M.M. (2018). Analisis Dampak
Penggunaan Gadget
(Smartphone) Terhadap
Kepribadian dan Karakter
(KEKAR) Peserta Didik di SMA
Negeri 9 Malang. Jurnal Civic
Hukum, 3(1)
doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726
Roslinda, Supyan, Hanafizah (2019). A
Conceptual Foundation for Smart
Education Driven by Gen Z.
International Journal of
Academic Research in Business
And Social Sciences
Rosiyanti, H. & Muthmainnah, R.N.
(2018). Penggunaan Gadget
Sebagai Sumber Belajar
Mempengaruhi Hasil Belajar
pada Mata Kuliah Matemaika
Dasar. FIBONACCI: Jurnal
Pendidikan Matematika, 4(1)
Rizyana, (2021) Peran Gen Z,si Jagoan
Bangsa Demi Masa Depan
Indonesia. Jurnal Nusantara
Santosa, E.T. (2015). Raising Children
in Digital Era.Jakarta: PT Elex
Media Komputindo
Simamora, A. (2016). Persepsi Orang
Tua Terhadap Dampak
Penggunaan Gadget Pada Anak
Usia Pendidikan Dasar di
Perumahan Bukit Kemiling
Permai Kecamatan Kemiling
Bandar Lampung. Skripsi.
tidak diterbitkan.
Stillman, D.& Stillman, J. (2019).
Generasi Z. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama cetakan keempat:
Sudrajat,A. (2012). Generasi Z dan
Implementasinya Terhadap
Pendidikan.
https://akhmadsudrajat.
wordpress.com/2021/10/05/
generasi-z-dan-implikasinya-
terhadap Pendidikan / diakses tgl
-12-2021
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Kombinasi (Mixed Methods.)
Bandung: Alfabeta
Sundus, M. (2018).The Impact of
Using Gadgets on Children.
Jurnal of Depression and
Anxiety 7: 296
doi:10.4172/2167-1044.1000296
Szymkowiak, A., Melovic, B.,Kundi,
G.S. (2021). Information
Technology and Gen Z:
The Role of Teacher,
The Internet, and Technology in
The Education of Young People.
Technology in Society Journal
Wijoyo, H. dkk. (2020). Generasi Z &
Revolusi Industri 4.0.
Jawa Tengah: CV Pena Persada
cetakan pertama: 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)