PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI ACTIVITIES DI KELAS II SD SWASTA TUNAS HARAPAN ISLAM KECAMATAN MEDAN AMPLAS T.A 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27840Keywords:
Research and Development, Media Pembelajaran, Android.Abstract
Abstrak: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Activities Di Kelas Ii Sd Swasta Tunas Harapan Islam Kecamatan Medan Amplas T.A 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah (1).Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Activities di kelas II SD, (2). Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Activities di kelas II SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan pada uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi berada pada kualifikasi œSangat Layak dengan perolehan presentase kelayakan sebesar 94%. Pada ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi œSangat Layak dengan perolehan presentase sebesar 93%. Serta ahli kepraktisan media pembelajaran berada pada kualifikasi œSangat Layak dengan perolehan presentase sebesar 90%. Pada uji keefektifan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Android yaitu mendapatkan nilai rata-rata sebesar 68,2 dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Android mendapatkan nilai rata-rata sebesar 89,8 lebih tinggi dari hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Android. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis Android demi menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, bermutu, dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Research and Development, Media Pembelajaran, Android.Abstract : Android-Based Learning Media Developmentin English Courses Materials Activities In Class Ii Tunas Private Sd Islamic Hope, Medan District Amplas T.A 2020/2021. The purpose of this study is (1). To determine the feasibility of android-based learning media in English subjects for Activities in grade II SD, (2). To find out the effectiveness of Android-based learning media in English subjects for Activities in grade II elementary school. This research is a type of research and development with a 4-D development model (Define, Design, Development and Disseminate). The subjects in this study were students, totaling 23 students. Data collection techniques in this study used interviews, questionnaires, and test questions. The results showed that the learning media feasibility test by material experts was in the "Very Eligible" qualification with the acquisition of a feasibility percentage of 94%. The learning media experts are in the "Very Eligible" qualification with a percentage gain of 93%. And experts on the practicality of learning media are in the "Very Eligible" qualification with a percentage gain of 90%. The effectiveness test shows that there is a significant difference between student learning outcomes before using Android-based learning media, which is getting an average score of 68.2 with learning outcomes after using Android-based learning media getting an average value of 89.8 higher than the results. learn before using Android-based learning media. Based on the findings of the research, it is recommended for educators to be able to develop Android-based learning media in order to create more active, quality, and fun learning for elementary school students.References
Ahdan, S. Andini, R. P & Adi, S. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Jurnal Sistem Informasi. 8(3), h. 493-509.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PTRineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Ayu Made & Ketut, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual. 2(2), h. 9-19.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Satuan Standart Isi Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang: Laksita.
Djamrah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara 1(4), h. 104-117.
Huda, A. A. (2013). LiveCoding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: Andi.
Mailani, Elvi., Yusnadi & Betty, S (2020). CD Pembelajaran Interaktif Solusi Pembelajaran di Masa Pandemic. Jurnal Handayani PGSD UNIMED. 11(2), h. 38-45.
Miftianul. Gunawan. (2019). Pengembangan Media Belajar Berbasis Android Pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin. 1(2), h. 168-177.
Multyaningsih, E. (2011). Metodologi Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurdiniawati (2020). Penggunaan Media Flash Cards Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya. 4(1), h. 35-50.
Pramono, S (2014). Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, S., Heni, R & Achamd, T. (2013). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Lovation Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal Politeknik Caltex Riau. 1(2), h. 177.
Salim. Syahrum. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenademedia Group.
Satyaputra. Aritonang. (2014). Beginning Android Programming With ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Siddik, U. Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sigit, Prasetyo. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education. 1(1), h. 121-140.
Simbolon, Naeklan. (2013). The Effect Of Instructional Approach and Verbal Reasoning On Students™ English Speaking Competence, SMA negeri 14 and
Medan. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. 1(4), h. 73-83.
Simbolon, Naeklan. (2011). Mengajar Bahasa Inggris Dengan Paradigma œPembelajaran Berpusat Pada Siswa di Sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan 4(2), h. 79-85.
Subali, B., Idayani & Handayani, L. (2012). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak Untuk menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Fisika Indonesia. 8(1), hal. 26-32.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sigiyono. (2011). Metode Penelitian dan R & D, Bandung: Alfabeta
_________. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Reseacrch and Development. Bandung: Alfabeta
_________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________________. Metode Penelitian & Pengembangan Reseacrch and Development. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Supriadi, O. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam.
Suryani, N., Achmad, S & Aditin, P. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryanto, K. K. E. (2015). English For Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susila, R. Cepi, R. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Tim EMS. (2013). Android All In One. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Zahid, M. Z (2018). Aplikasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran: Potensi dan Metode Pengembangan. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, h. 910-918.
Zuliana. Irwan, P. (2013). Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal IAIN Sumatera Utara Medan, h. 2-4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)