PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A. 2018/2019

Authors

  • Aprilina Turnip Universitas Negeri Medan
  • Jonny Haratua Panggabean Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar pada materi Momentum dan Impuls  di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X Galileo (sebagai kelas eksperimen) dan kelas Newton (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Pemilihan kelas dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari  tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 47,33 dan kelas kontrol 46,66. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 78,16 dan 72,00. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan Macromedia Flash lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Momentum dan Impuls  di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan  T.P. 2018/2019.Kata Kunci: : model pembelajaran Teams Games Tournament, hasil belajar, macromedia flash

Downloads

Published

2020-02-12

Issue

Section

Articles