PENERAPAN BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 066050 MEDAN DENAI

Authors

  • Amnisyar Amnisyar Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara
  • Feri Haryati Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara
  • Duma Romaito Pasaribu SD Negeri 066050 Medan Denai

DOI:

https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64401

Keywords:

Bamboozle, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas penerapan permainan Bamboozle dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 066050 Medan Denai. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan dua sesi masing-masing. Subjek penelitian ini yaitu 28 siswa kelas V di SD Negeri 066050 Medan Denai. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan  pada siklus I menunjukkan bahwa dari 28 siswa, hanya 36% memenuhi KKM, dan sisanya 64% melakukannya di bawah KKM. Pada siklus kedua, siswa mencapai KKM 78,5%, sedangkan yang tidak mencapainya 21,42%. Berdasarkan hasil tersebut, media bamboozle efektif menigkatkan hasil belajar IPA.

Author Biographies

Amnisyar Amnisyar, Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Feri Haryati, Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan kita menulis.

Alimova, M. A. (2023). Using the internet service “Baamboozle” when creating a gamified educational environment in English classes. American Journal of Pedagogical and Educational Research, 8(1), 106–113.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Kurniasari, R., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Konstruktif Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 96–112.

Lestari, W. M., & Salsabila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Nusantara Educational Review, 1(1), 7–14.

Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL MARS DAN MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN BENUA ANYAR 8 BANJARMASIN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 619–638.

Nurhayati, S., & Lahagu, S. E. (2024). Pendidikan Sepanjang Hayat. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supartini, M. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 277–293.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.

Wulandari, W., Susanto, D. A., & Hawa, F. (2024). Exploring Bamboozle as Games-Based Learning Media to Support Students’ Vocabulary: Its application in the classroom. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6542–6551.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Amnisyar, A., Haryati, F., & Pasaribu, D. R. (2024). PENERAPAN BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 066050 MEDAN DENAI. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(2), 245–253. https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64401

Issue

Section

Articles