Apresiasi Musik Oleh Jemaat Ketika Menyanyikan Lagu Ibadah di Kebaktian Minggu

Main Article Content

Shirley Tiurina

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana cara jemaat mengapresiasi lagu-lagu ibadah yang dinyanyikan. Pemusik dan Pemandu Nyanyian Jemaat mampu mengapresiasi dan menginterpretasi lagu dengan baik, karena mereka sudah menganalisis dan melatih lagu-lagu tersebut selama beberapa hari terakhir. Namun, jemaat cenderung sulit untuk mengapresiasi lagu-lagu jemaat, karena mereka baru mengetahui lagu yang dinyanyikan tepat ketika ibadah dimulai. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pola apresiasi yang dilakukan jemaat, lewat gesture dan ekspresi tertentu lewat observasi. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Jemaat ternyata cenderung tidak ikut bernyanyi dan tidak menyimak, terutama ketika lagu yang dinyanyikan tidak familiar. Sedangkan ketika lagunya familiar, maka jemaat akan bernyanyi secara serentak, dan menunjukkan gesture tertentu. Gesture-gesture seperti bertepuk tangan, mengetuk jari di kursi, menggerakkan badan, atau menambah harmonisasi terlihat ketika lagu yang dinyanyikan familiar. Hal ini juga terlihat ketika lagu yang dinyanyikan adalah lagu yang ceria dan semangat. Semua kegiatan gesture tersebut berkaitan dengan lagu yang dinyanyikan, dan bagaimana cara Pemusik dan PNJ menginterpretasikan nyanyian ibadah pada kebaktian saat itu.

Article Details

Section
Grenek Music Journal
Author Biography

Shirley Tiurina, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta

Mahasiswa Pascasarjana jurusan Pengkajian Seni (Musik Barat), Pascasarjana ISI Yogyakarta

References

Balslev-Clausen, P. (2009). ˜Hymns and Hymn-Singing as an Indicator of the Situation of the Church™. Dialog, 48(4), 358“363. doi:10.1111/j.1540-6385.2009.00484.x

Boone, R.T., Cunningham, J.G. ˜Children's Expression of Emotional Meaning in Music Through Expressive Body Movement™. Journal of Nonverbal Behavior 25, 21“41 (2001). https://doi.org/10.1023/A:1006733123708

Branigan, R. B. (2007). ˜Movement and Dance in Ministry and Worship™. Liturgy, 22(4), 33“39. doi:10.1080/04580630701551347

Djohan.2020.Psikologi Musik.

Lewis, B. E. (1991). ˜Listeners™ Response to Music as a Function of Personality Type™. Journal of Research in Music Education, 39(4), 311“321. https://doi.org/10.2307/3345750

Levitin, D. J., Grahn, J. A., & London, J. (2018). ˜The Psychology of Music: Rhythm and Movement™. Annual Review of Psychology, 69(1), 51“75. doi:10.1146/annurev-psych-122216-011740

Nelson, T. J. (1996). ˜Sacrifice of Praise: Emotion and Collective Participation in an African-American Worship Service™. Sociology of Religion, 57(4), 379. doi:10.2307/3711893

Osei-Bonsu, R.(2013). ˜John Calvin™s perspective on music and worship, and its implications for the Seventh-Day Adventist Church™. Ilorin Journal of Religious Studies,Vol.3 No.1, 2013, Pp.83-101

Payne, E. (1980). ˜Towards an Understanding of Music Appreciation™. Psychology of Music, 8(2), 31“41. doi:10.1177/030573568082004

Ter Bogt, T. F. M., Mulder, J., Raaijmakers, Q. A. W., & Nic Gabhainn, S. (2010). ˜Moved by music: A typology of music listeners™. Psychology of Music, 39(2), 147“163. doi:10.1177/0305735610370223

Woody, R. H. (2004). ˜Reality-Based Music Listening in the Classroom: Considering Students™ Natural Responses to Music™. General Music Today, 17(2), 32“39. https://doi.org/10.1177/10483713040170020106

Zaluchu, S.E. (2021). ˜Dancing in praise of God: Reinterpretation of theology in worship™. Theologia Viatorum | Vol 45, No 1. OI: https://doi.org/10.4102/tv.v45i1.86