Leng Si Gere Pas : Reinterpretasi Kekepak ke Dalam Komposisi Musik Karawitan

Authors

  • Rizki Mona Dwi Putra Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Hartono Hartono Prodi Seni Karawitan ISBI Aceh

DOI:

https://doi.org/10.24114/gsts.v2i1.35150

Abstract

Leng Si Gere Pas adalah sebuah komposisi musik karawitan yang ide nya bersumber pada kekepak, tepatnya di permainan aksentuasi pada ketukan syncope pada permainan teganing. Karya ini diwujudkan dalm bentuk garapan komposisi karawitan, yaitu menggunakan prinsip œaksentuasi dan ketukan syncope. Leng Si Gere Pas yang terdiri dari empat kata dalam bahasa Gayo yaitu Leng (bunyi) Si (yang) gere (tidak) pas (cocok) jika di gabungkan kedalam bahasa indonesia yaitu bunyi yang tidak cocok karena pada permainan kekepak ini bunyinya yang tidak tepat pada tempatnya. Adapun tujuan penciptaan pada komposisi musik karawitan ini adalah untuk menggarap sebuah komposisi karawitan baru yang terinspirasi dari kekepak pada permainan teganing. Permainan kekepak tersebut menjadi ide karya yag digarap menggunakan pendekatan reinterpretasi yang mana bersumber pada satu bagian kecil dari sebuah kesenian tradisi, sehingga pada teknik ini, vokabuler musikal yang sudah di olah, di aktualisasikan dalam wajah yang sangat berbeda dengan bentuk asal nya. Media ungkap pada garapan karya ini dia antaranya beberpa instrument melodis dan ritmis. Instrumen melodis seperti suling, gitar dan bas. Sedangkan insrumen ritmis seperti rapai dan teganing.  Kata Kunci: Aksentuasi, Kekepak, Leng Si Gere Pas, Reinterpretasi, Syncope

References

Fajriah, Nur. Selian, Rida Safuan. dkk. (2018). œSining Dalam Konteks Kebudayaan Gayo. Jurnal Iilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguaran dan Ilmu Pendidikan: Universitas Syiah kuala. Vol.3 No.3.Hal 299-310.

Gusmanto, Rico. (2015). œKonstanitas. Laporan Karya Seni: ISI Padang Panjang.

Gusmanto, Rico. (2021). œKekitaan: A Music Composition Reveals The Cultural Identity Of Pasaman Barat Regency. Jurnal Ekspresi Seni, Vol.23 No.1 Hal 18-34.

Kurniawan, Panji Tito. (2016). œAnalisis Pola Ritme Drum Gaya Whatevercore Grup Band New Face New Wave DiSemarang. Skripsi karya: UNNES Semarang.

Nagara, Putu Purwangsah dkk. (2021). Gamelan Gender Wayang Composition œSandaran Laju. Jurnal Seni Musik Nusantara vol.01 No.02.

Rahmatullah. (2019). œSU HU. Laporan Karya Seni: ISBI Aceh.

Trianita, Angeline. (2018). œKajian Fungsi Dan Organologi Alat Musik Teganing Pada Masyarakat Gayo Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Grenek Musik Vol.8 No.1. Hal 24-33.

Yulias, Tovani. (2019). œSyncofrase. Laporan Karya Seni: ISI Padang Panjang.

Downloads

Published

2022-04-30