IMPLEMENTASI METODE SAS (STRUKTUR, ANALITIS, DAN SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN TARI JATI LARAS DI SANGGAR RSTUDIO KOTA CILEGON BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.48425Keywords:
SAS Method, Dance, Dance Studio, RStudio, Jati Laras DanceAbstract
Sanggar adalah sarana atau tempat pelatihan guna melakukan sebuah kegiatan yang dimanfaatkan suatu kelompok ataupun komunitas dan merupakan pendidikan yang masuk ke dalam jenis nonformal. Misalnya sanggar tari yang menawarkan pelatihan dan pendidikan tari, serta mengembangkan kesenian tari. Sanggar tari yang melakukan pelatihan dan pendidikan kesenian tari mendalami dan mengeksplorasi tari-tarian yang sudah ada, mulai berwujud tari klasik, tari modern, hingga tari kreasi. Salah satu sanggar yang unik dalam metode pembelajarannya yaitu sanggar RStudio. Sanggar ini memiliki prestasi yang cukup baik dan dalam pembelajarannya menggunakan metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) Tari Jati laras merupakan tarian yang beberapa sumbernya mengambil dari gerakan silat. Penenlitian ini menggunakan Metode SAS dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan Proses pembelajaran Tari Jati Laras di Sanggar RStudio menerapkan metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) yang membagi pelaksanaan pembelajaran menjadi 3 bagian yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam proses pembelajaran tari yaitu dalam pembelajaran siswa guru menjalankan perannya sehingga pelaksanaan dapat berjalan secara optimal, siswa dan guru akan berkerjasama dalam menjalin interaksi pada proses pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru juga menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. adapun faktor penghambat dari pembelajaran yaitu keterampilan gerak dan daya ingat siswa yang berbeda-beda dan fasilitas ruangan yang diperlukan kurang memadai.References
Asri, R., 2020. Ekspresi Kebebasan Dewi, Sarjiwo, Indrawati. 2020. Metode Pembelajaran Tari Rumeksa Di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Dalam Jurnal. Volume I Issue I. Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Indonesia Yogyakarta
Dhalina, Kurnita, Zurina. 2017. Proese Pembelajaran Rapa™i Puloet di sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kbaupaten Pidie. Jurnal. Volume II No . Jurusan Sendratasik, Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Aceh
Diah. 2012. Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS).http://jurnalbidandiah.blo gspot.com/2012/04/ metode pembelajaran struktural- analitik.html
Djamarah, Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Hartono, H., Nuryani, W., Kusumastuti, E., & Aprilia, V. 2022. MEMPERSIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Strategi Pelayanan Klinik dan Pengembangan Percaya Diri. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Haryudi. 2020. Pembelajaran Seni Tari Pada anak usia Dini Di Sanggar Saoraja Art™s kabupaten Bone. Dalam jurnal educhild. Volume 2 No.2 : Universitas Riau http :// pendidikan Senibudaya.Wordpress.Com/201 1/08/25/Pengertiatari-tradisi (diunduh tanggal 11 April 2021)
Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang PRESS.
Kamil. 2011. Pendidikan NonFormal.Bandung : Alfabeta
Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Press Group)
Miarso, Y. C.2004. Perubahan Paradigma Pembelajaran dengan Kehadiran Teknologi Informasi. ESENSI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA, 26.
Moleong, l. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Marzuki.2010. Pendidikan NonFormal. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Rahma. 2017. Pembelajaran Rapai™ Puloet di Sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kabupaten Pidie. jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume II, Nomor 1:79-91.
Rizka, Tengku, Lindawati. 2019. Pembelajaran Tari Ratoh Jaroe Dan Tari Likok Pulo di Sanggar Pocut Baren Banda Aceh. Dalam jurnal ilmiah program studi seni drama tari dan musik Unversitas Syiah Kuala. Volume IV No.4 : Universitas Syiah Kuala
Rosmana, Iyos. 2009. Metode Pembelajaran Membaca Struktur Analitik Sintesis (SAS). https://iyosrosmana.wordpress.c om/2009/09/30/41/
Sriyadi. 2013. Sanggar tari sebagai patner dalam pendidikan sekolah kejuruan tari. Jurnal. Volume 5 No 1. Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Surakarta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV
Takari. 2008. Manajemen Seni. Medan : Studia Kultura
Wardiyati. 2019. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Dalam Jurnal. Volume 3 No 5 : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unversitas Riau
Yamin. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang : Madani
Yuli. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Balanse Madam Melalui Metode SAS Untuk Anak Tunarungu. Dalam jurnal e- Jupekhu. Volume 3 No.3 : Universitas Negeri Padang
Yuwaffy.2016. Proses Pembelajaran pada Materi Tari Tradisional Laweut Berdasarkan Pola Lantai dengan Menggunakan Metode Pemodelan di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume 1, Nomor 4:325-333.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vivi Anggita Putri, Alis Triena Permanasari, Dwi Junianti Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Gesture: Jurnal Seni Tari agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)