PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANBERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 168432 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8181Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKN Kelas I SD Negeri 168432 kota Tebing Tinggi tahun pelajaran 2016/2017 melalui metode pembelajaran kooperatif Bermain Peran (Role Playing). Penelitian tindakan kelas an dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 168432 kota Tebing Tinggi. Pelajaran dengan metode bermain peran pada materi pelajaran PKN di kelas I SD Negeri168432 kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66%), siklus II (87%) dan dinyatakan berhasil. Selain itu sebagaimana dalam indikator penelitian ini dikatakan penelitian ini akan dikatakan berhasil jika persentase pengelolaan pelajaran mencapai 85%, sementara pada akhir siklus II pengelolaan pelajaran sudah mencapai 88,1%. Kata Kunci: Bermain Peran, Hasil Belajar, PKNDownloads
Published
2017-12-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2017 Dosma Udur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ESJ : Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747