Pengembangan Video Pembelajaran Animasi: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i1.55238Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yaitu video pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika yang efektif dan mudah digunakan untuk pembelajaran Matematika. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahapannya Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Mengetahui efektifitas video dan kelayakan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 068083 Medan yang dipilih secara cluster random sampling kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai dari ahli dan responden uji coba berada pada kategori œsangat layak dengan persentase 89% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan nilai tersebut dikuatkan dengan tanggapan siswa melalui angket yang disebarkan kepada siswa terhadap penggunaan video pembelajaran animasi. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa video pembelajaran animasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa keas IV SD. Keywords: Video pembelajaran, animasi, MatematikaReferences
Aini, Putri Nur. (2012). Penerapan Metode Examples Non Examples dan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tersedia : http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1670/ [Online].
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Arsyad Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada
Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019a). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoonpada Mata Pelajaran Matematika diKelas IV SD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019b).Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoonpada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418.
Hariwijaya. (2009). Meningkatkan kecerdasan Matematika. Yogyakarta: TuguPublisher.
Harjanto, (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing
Jeheman, Akuila, A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191“202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454.
Marsigit. (2003). Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Mersand, Shannon (2014). Product Review: Powtoon. (Online). Http://Www.Techlearning.Com/News/0002/Product-Review-Powtoon/63310.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru . Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).
Nuraeni, D., Azwar Uswatun, D., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas Iv B Sdn Pintukisi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020), 61“75. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915
Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoonpada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics, 15. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nurseto, Tejo. 2011. œMembuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Volume 8 Nomor 1. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. 12. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
Saragih, S. & Habeahan, W.L. 2014. The Improving of Problem Solving Ability and Students™ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5(35): 123- 132.
Sardiman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik (Vol. 1, No. 1).
Simbolon, M., Manullang, M., Suya, E., & ... (2017). The Efforts to Improving the Critical Thinking Student™s Ability Through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash at SMP Negeri 5 Padang. International Journal of Novel Research in Education and Learning, July.
Solihin, Ahmad. (2013). Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas III SDN Kradenan. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 7 (2), Hlm. 4-5. Diperoleh dari http://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle& article=157317. Diakses pada tanggal 25 Februari 2014.
Sriadhi, (2014). Penilaian Multimedia Learning, Medan : Unimed
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta
Sukiyasa, Kadek., Sukoco., (2013), Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No. 1 : 129.
Sulfemi, Wahyu Bagja, dan Hilga, Minati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPSD. 4 (2), 228- 242.
Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 110.
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Irfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ESJ : Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747