Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.45099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif Matematika peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Media Ular Tangga kelas IV; 2) Hasil belajar kognitif Matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan Media Ular Tangga kelas IV; 3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperiment nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 095139 Semangat Baris dan peserta didik kelas IV MIS An-Nazam Baja Dolok. Sampel penelitian adalah SD Negeri 095139 Semangat Baris sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik dan MIS An-Nazam Baja Dolok sebagai kelas kontrol berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT berbantuan Media Ular Tangga terhadap hasil belajar Matematika materi Bangun Datar kelas IV SD. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan Uji-t yaitu t-hitung > t-tabel (4,616 > 2,014) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.Keywords: Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Media Ular Tangga, hasil belajar 

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77“89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal BSIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568“582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Amalia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123“133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Ananda, L. J., & Nuraini. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 101969 Tanjung Purba. SEJ (School Education Journal), 9(1), 8“16. http://dx.doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i1.13683

Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 85“99. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.917

Mailani, E. (2021). Pembelajaran Matematika SD Integrasi Kearifan Lokal Sumatera Utara. ESJ (Elementary School Journal), 11(4), 331“343. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32684

Megawati. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konret Pada Siswa Kelas IIA SD Negeri 064960 Kecamatan Medan Polonia. ESJ (Elementary School Journal), 8(2), 93“100. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10377

Musdalipa, Razak, F., & Alam, A. J. (2022). Buku Panduan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. Sumatra Barat : Mitra Cendekia Media.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Seran, E. B., & Ladyawati, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika:Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115“120. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v8i2:.1749

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2 ed.). Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Tamba, R., & Wahyuni, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Paliraber (Papan Lingkaran Rumah Adat Berputar) Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IV SDN 101775 Sampali T.A 2019/2020. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 244“256. http://dx.doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23702

Downloads

Published

2023-11-19