EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN FOREHANDDRIVEMAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.32767Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar forehand drive tenis meja. Subjek penelitian adalahmahasiswa yangbelum terampil bermain tenis meja sebanyak 30 orang.Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Rondomized Control Group Pretest-Posttest. Hasil analisis diketahui bahwa kelompok pembelajaran berbasis permainanmemperoleh nilai rata-rata 5,800 dengan nilaisig(2-tailed) 0.00<0.05.Kemudian kelompok pembelajaran teknik dasar forehand drive tenis meja dengan model konvensionaldiperolehrata-rata 4,967 dengan nilai sig (2-tailed) 0.00<0.05.Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diketahui bahwa kedua kelompok model pembelajaran sama-sama memiliki nilai yang signifikan.Namun bila dilihat dari perolehan nilai rata-rata, kedua kelompok memiliki perbedaan, dimana nilai rata-rata kelompok model pembelajaran berbasis permainan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok model pembelajaran konvensional.Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran berbasis permainanlebih efektif bagi mahasiswayang ingin belajar teknik dasar forehanddrive tenis meja.Downloads
Published
2020-05-07
Issue
Section
Articles