PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN AIR DI SDN CIPINANG CIMPEDAK 05 PAGI JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18448Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD Kelas IV, (2) menentukan efektivitas pengembangan model pembelajaran dengan desain yang dikemukakan oleh Bord&Gall melalui empat tahap yaitu (1) tahap identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) tahap pengembangan desain dan draf model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV, (3) tahap pengujian (tinjauan ujicoba dan ahli ), dan (4) implementasi model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV yang terdiri dari 27 permainan. Menurut para ahli permainan, renang dan ujicoba, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV adalah efektif untuk meningkatkan tekhnik berenang siswa SD kelas IV.Downloads
Published
2020-06-12
Issue
Section
Articles