Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality dan Java Desktop Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangunan
Main Article Content
Abstract
Media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran matematika khusunya bangun ruang adalah modul media pembelajaran seperti buku. Dalam hal ini kurang efektif karena medianya masih berupa gambar dua dimensi, sehingga siswa sulit memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Tak jarang siswa juga masih belum mengenali bentuk bangun ruang sehingga banyak siswa yang akhirnya melamun. Area bangunan dapat diperkenalkan dengan hal-hal yang dapat diubah menjadi grafik 3D menggunakan aplikasi desktop berbasis Java. Artinya, teknologi ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pendekatan yang lebih kreatif dalam mengidentifikasi rumus-rumus spasial matematis. Misalnya, dengan mengarahkan kamera yang terpasang pada ponsel, pengguna dapat melihat secara tiga dimensi bagaimana bentuk ruang yang tampak secara praktis. Sehingga ketika disajikan dalam bentuk 3D, siswa belajar lebih cepat. Siswa juga mampu mempelajari, mengingat dan mengimplementasikan rumus dengan cepat dan tepat sesuai dengan rumus dari setiap bentuk bangun ruang. Media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dan Java Desktop mendapat persentase 84,1% dan berada pada kategori sangat baik berdasarkan hasil validasi ahli materi. Media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dan Java Desktop mendapatkan persentase 80% dengan syarat kualifikasi sangat baik, sesuai hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran, media pembelajaran interaktif berbasis Augmented reality dan Java Desktop yang dikembangkan memperoleh skor 81,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan hasil uji coba kelompok, ditetapkan bahwa 86,7% hasil termasuk dalam kategori sangat baik
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).